Minggu, 23 Agustus 2020

PERTEMUAN 1 AIJ XII, Menginstall dan Mengkonfigurasi Server

 Setelah anda membaca  artikel ini ISI ABSEN DAN QUIZ Ya..  



MENGINSTAL DAN MENGKONFIGURASI SERVER BAGIAN 1



Dalam pengertiannya server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Dalam hal ini server menjalankan perangkat lunak administratif yang memiliki tugas mengontrol akses terhadap jaringan tempatnya terhuung dan sumber daya yang ada didalamnya.

  1. Jenis – Jenis Server Berdasarkan Penggunaannya

Berikut merupakan jenis – jenis server berdasarkan penggunaannya.

  1.  Web Server

Web server merupakan sistem server dimana perangkat lunak (software) dipasang pada server yang berfungsi untuk menyediakan layanan permintaan data dengan protocol Hypertext Transfer Protocol (HTTP) yang dapat diakses dengan menggunakan browser. yang termasuk web server

  1. Apache

  1. Nginx


  1. Apache Tomcat

  1. Lighttpd

  1. LiteSpeed





  1. FTP Server

FTP Server merupakan server yang menjalankan software untuk memberikan layanan pertukaran file kepada perangkat – perangkat tertentu yang terhubung pada jaringan. Dalam server ini komputer server akan selalu siap memberikan layanan FTP apabila terdapat permintaan dari FTP client.

  1. Fax Server

Fax Server yang menggunakan server sebagai tempat penerimaan atau pengiriman fax.

  1. Mail Server

Mail server merupakan perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respon atas permintaan yang dikirimkan via email

  1. File Server

File server merupakan salah satu server yang berfungsi untuk menampung sejumlah data yang dimiliki oleh client dari suatu sistem jaringan tempatnya terhubung.

  1. Game Server

Game server merupakan server yang digunakan untuk menghubungkan tiap – tiap pemain video game tertentu (client) dengan pemain lainnya. Server ini sering dipakai untuk perlengkapan infrastruktur permainan digital atau video game.

  1. DNS Server

DNS Server merupakan sistem distribusi database yang digunakan untuk pencarian nama alamat komputer di rangkaian jaringan yang menggunakan sistem TCP/IP

  1. Proxy Server

Sesuai namanya proxy server berfungsi sebagai pengatur lalu lintas dari berbagai perangkat yang terhubung pada suatu jaringan melalui pengaturan proxy. Penggunaan fungsi proxy pada jaringan komputer semakin banyak digunakan seiring dengan perkembangan internet. Proxy server dapat berfungsi sebagai komputer lainnya untuk melakukan permintaan terhadap konten dari sebuah jaringan internet ataupun intranet.

  1. Database Server

Database server merupakan sebuah server yang mana menggunakan  program komputer yang menyediakan layanan database untuk program komputer lain. Database server juga dapat digunakan untuk beberapa kegiatan seperti analisis data, pengarsipan data, dan penyimpanan data. Penggunaan Database server mencakup macam – macam database yang umum digunakan.

  1. Print Server

Printe server dalam hal ini merupakan server tempat dimana berbagai berbagai perangkat komputer dalam suatu jaringan yang akan membantu proses percetakan /printing. Biasanya jenis jaringan print server digunakan pada sistem jaringan intranet.

  1. Server Aplikasi

Server aplikasi merupakan server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client yang telah terhubung server ini.

  1. Streaming Media Service

Streaming media server merupakan sebuah web server atau aplikasi yang telah terinstall didalam sebuah server yang dapat digunakan untuk menjalankan file video atau audio secara real-time atau dengan streaming di internet


  1. OS (Sistem Operasi) Server


Sistem Operasi Server berguna tempat menginstal Web server, FTP Server Dns Server, Print Server, dll






  1. Windows

Perusahaan Microsoft yang mempunyai banyak sekali produk yang memang dikususkan untuk sistem operasi server, salah satu contoh produknya yaitu sbb :

  1. Windows NT

  2. Windows 2000 Server

  3. Windows 2003 Server

  4. Windows 2008 Server

  5. Windows Server 2013


  1. Mac Os merupakah sebuah produk unggulan dari Apple.Inc, Apple sendiri juga mempunyai banyak produk sistem operas server. Beberapa contoh dari produk dari apple untuk server sbb :

  1. Mac OS X Server 1,0 (Rhapsody)

  2. Mac OS X Server 10.0 (Cheetah Server)

  3. Mac OS X Serber 10.1 (Puma Server)

  4. Mac OS X Server 10.2 (Jaguar Server)

  5. Mac OS X Server 10.6 (Panther Server)

  6. MAC OS X Server 10.4 (Tiger Server)

  7. Mac OS X Server 10.5 (Leopard Mac OS)

  8. Mac OS X Server 10.6 (Snow Leopard Server)

  9. Mac OS X 10.7 (Lion Server)

  10. OS X 10.8 (Mountain Lion Server)

  11. OS X 10.9 (Mavericks Server)

  12. OS X 10.10 (Yosemite Server 4.0)




  1. Linux

Sistem operasi server yang terpopuler hingga saat ini yaitu linux, banyak sekali diperusahaan menggunakan linux sebagai sistem operasi server.


Banyak sekali produk sistem operasi yang dikeluarkan oleh linux untuk sistem operasi, beberapa saja contoh dari Distro Linux yang bisa kalian gunakan untuk server sbb :

  1. Debian

  2. Arch Linux

  3. Fedora

  4. OpenSUSE

  5. Slackware

  6. Dan masih banyak lagi.


  1. Novel Netware

Sistem operasi server selanjutnya yaitu Novel Netware, sistem operasi ini merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Novel.Inc beberapa contoh produknya yaitu sbb :

  1. NetWare 286 2.x

  2. NetWare 3.x

  3. NetWare 4.x

  4. NetWare 5.x

  5. NetWare 6.0

  6. NetWare 6.5

  7. Open Enterprise Server




 

Sumber : https://dosenit.com/jaringan-komputer/software-jaringan/sistem-operasi-server

https://www.laptopsiipat.com/2017/11/pengertian-server-fungsi-jenis-dan-os-server.html


Comments

Terima kaseh, telah berkomentar, ..semoga bermanfa'at..[^_^]
EmoticonEmoticon