Minggu, 23 Agustus 2020

PERTEMUAN 3 KOMJAR, Komponen Komputer

 Setelah anda membaca  artikel ini ISI ABSEN DAN QUIZ Ya.. 


KOMPONEN KOMPUTER




Nama-nama Komponen Komputer beserta Fungsinya secara umum dibagi menjadi dua bagian, yaitu komponen tambahan dan utama. Komponen-komponen utama merupakan hal yang wajib ada supaya komputer bisa dioperasikan. Apabila salah satu saja dari komponen tersebut tidak ada atau tidak lengkap, maka fungsi komputer tidak bisa berjalan dengan seharusnya. Contohnya adalah SoundCard, RAM, Hard Disk, Processor, VGA Card, dsb

Sedangkan untuk komponen tambahan, fungsinya sebagai pelengkap agar komputer dapat digunakan untuk pekerjaan lainnya, dan tidak sama sekali mempengaruhi komputer secara utuh bila tidak ada. Contoh Komponen-Komponen Komputer ini umumnya seperti USB Card, Scanner, Printer, Speaker, dsb.

 

  1. Motherbroad/Mainbroad

Fungsi umum dari Motherboard adalah tempat memasangkan Processor, RAM, VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain

  1. CPU/Processor ( Central Processing Unit )

Berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard.

 

  1.  VGA ( Video Graphic Adapter )

Berfungsi untuk menerjemahkan/mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor.

  1. Hard Disk

adalah tempat menyimpan seluruh data baik berupa video, audio, text, dll. Selain kemampuan penyimpanan dengan jumlah yang berbeda beda, sekarang ada teknologi solid state disk yang tidak lagi menggunakan sistem optik sebagaimana pada hard disk lama. Dengan tekhnologi baru ini, kecepatan membaca dan menulis data pada hard disk tentu akan lebih cepat serta tahan akan adanya goncangan.

 

 

  1.  Random Access Memory atau RAM

fungsinya menyimpan data sementara semua data dari seluruh program hasil olahan Komponen-Komponen Komputer yang sedang berjalan. Dalam perkembangannya, teknologi RAM selalu diikuti dengan penomoran. Mulai dari yang lawas yaitu DDR, hingga yang terbaru sekarang DDR3.

  1. Power Supply

digunakan untuk mengalirkan listrik kedalam komputer. Yang perlu diperhatikan dalam memilih komponen ini adalah daya yang dibutuhkan Komponen-Komponen Komputer haruslah sesuai dengan daya yang dapat diberikan oleh power supply

 

  1.  Sound Card

Berfungsi sebagai pengolah data berupa audio atau suara dan sebagai penghubung alat input/output suara keKomputer.

 

  1. Optical Disc Drive

merupakan Komponen-Komponen Komputer yang dipakai untuk membaca dan menulis media disk.

 

 

  1. Monitor

merupakan komponen yang digunakan untuk tempat keluarnya visual gambar ataupun video. Teknologi monitor sekarangpun sudah bermacam-macam, diantaranya monitor tabung dan layar datar.

 

 

 

  1. Keyboard

Berfungsi untuk mengetik atau memberikan perintah kepada komputer untuk menjalankan program yang ada didalam komputer

  1. Mouse

Berfungsi untuk mengirim perintah dengan cara menggerakan kursor.

 

Komponen Tambahan Komputer

 

  1. LAND CARD adalah penghubung antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya.

  2. MODEM adalah komponen komunikasi untuk mengirimkan dan menerima sinyal dari dua arah. Fungsi utama yang kita ketahui adalah untuk jaringan internet.

  3. USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus yang digunakan untuk penghubung. Kita sering menggunakan komponen ini untuk menghubungkan ponsel, flash disk, kamera digital, dll, dengan komputer kita.

  4.  Printer Dan Scanner adalah Komponen-Komponen Komputer tambahan input dan output. Printer dipakai untuk menghasilkan cetakan dari olahan yang kita buat melalui komputer. Scanner dipakai untuk meminta digambar, text, foto atau dokumen-dokumen lainnya yang kemudian disimpan dalam bentuk file

  5.    Speaker adalah komponen yang mengeluarkan suara dari hasil olahan SoundCard. Kualitas suara dari komputer juga ikut dipengaruhi dari jenis speaker yang digunakan.

  6.  Bluetooth, WiFi atau jaringan nirkabel lainnya merupakan Komponen-Komponen Komputer mempunyai fungsi untuk memindahkan data dari satu alat ketempat lainnya dengan batasan wilayah tertentu saja.



Itulah tadi Nama-nama Komponen Komputer Beserta Fungsinya, Mulai dari yang wajib sampai perangkat tambahannya. Sebenarnya masih banyak macam-macam perangkat keras yang belum saya sebutkan di atas. Tapi InsyaAllah kalau ada waktu, saya akan memperbaruinya segera. Baiklah, semoga postingan ini bisa bermanfaat.





sumber : http://safniagustina.blogspot.com/2018/03/nama-nama-komponen-komputer-beserta.html


Comments

Terima kaseh, telah berkomentar, ..semoga bermanfa'at..[^_^]
EmoticonEmoticon