Selasa, 25 Agustus 2020

PERTEMUAN 4 AIJ, VLAN ID

 Setelah anda membaca  artikel ini ↓↓↓ ISI ABSEN DAN QUIZ Ya.




VLAN ID


Pasti kamu tahu apa itu LAN, MAN, WAN, & beberapa jenis Area Network, sudah tidak asing lagi namanya bagi yang suka main Komputer/Laptop ataupun juga main di Warnet😄, tapi apakah kamu tahu apa itu VLAN?

 

Saya akan memberitahukan apa itu VLAN dan apa sih Fungsi/Kegunaan VLAN itu, bukannya LAN sama VLAN itu sama saja ya? tidak. Mari kita mulai untuk tahu lebih dalam lagi tentang VLAN



  1. Yang Harus Kalian Ketahui Tentang VLAN ID :

  1. Pengertian VLAN ID

Suatu VLAN ID yang ditetapkan ke port akses untuk membagikan atau memetakan LAN Virtual yang mana port ini terhubung ke switch


  1. Macam - Macam VLAN ID, dan

  1. Normal Range VLAN (1 - 1005)

  • Digunakan untuk jaringan skala kecil dan menengah

  • Nomor I 1002 s/d 1005 dicadangkan untuk Token Ring dan FDDI VLAN

  • ID 1, 1002 s/d 1005 secara default sudah ada dan tidak dapat dihilangkan

  • Konfigurasi disimpan dalam file database VLAN, yaitu vlan.dat file ini disimpan dalam memori flash milik switch

  • VLAN Trunking Protocol (VTP), yang membantu management VLAN, hanya dapat bekerja pada normal range VLAN dan menyimpannya dalam file database


  1. Extended Range VLANs (1006-4094)

  • Memampukan para service provider untuk memperluas infrastrukturnya kepada konsumen yang lebih banyak . Dibutuhkan untuk perusahaan skala besar yang membutuhkan jumlah VLAN lebih dari normal.

  • Memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingkan VLAN normal range

  • VTP tidak bisa bekerja disini


  1. Fungsi atau Kegunaan VLAN ID

  1. Untuk membedakan masing - masing VLAN.

  2. Untuk menunjukan Peng-Alamatan yang ditujunya.

  3. Untuk mencegah terjadinya collision domain (tabrakan domain)



  1. Standar IEEE 802.1.Q

Menurut IEEE Standar 802.1.Q VLAN memberikan sebuah metode untuk membagi satu fisik Network ke banyak broadcast domain. Broadcast domain ini biasanya sama dengan batas ID Subnet. Setiap Subnet mempunyai satu VLAN. VLAN memperbolehkan banyak Virtual Lan berdampingan dalam sebuah fisik LAN (Switch). Jadi, semisal ada dua mesin yang terhubung dalam sebuah switch, keduanya tidak dapat mengirim Ethernet Frame ke mesin lain.

  1. Keterangan VLAN ID

Vlan diklasifikasikan atau dikelompokkan yang berbeda - beda berdasarkan tipe yang digunakan Switch. Bark menggunakan port MAC Address dan lain sebagainya.

Peng-Alamatan suatu VLAN disimpan dalam suatu databese, untuk mengaturnya yaitu menggunakan Switch. Switch inilah yang Memanage dan bertanggung jawab menyimpan semua informasi dan konfigurasi suatu VLAN, switch akan menentukan kemana data-data akan diteruskan dan sebagainya.

Switch juga dapat digunakan untuk peng-Alamatan Software yang berfungsi mencatat untuk menghubungkan antar VLAN yang dibutuhkan Router.






Sumber : http://roihanatiluthfiyyah.blogspot.com/2018/10/fungsi-vlan-id.html




Comments

Terima kaseh, telah berkomentar, ..semoga bermanfa'at..[^_^]
EmoticonEmoticon