Minggu, 23 Agustus 2020

PERTEMUAN 6 KOMJAR,MENGATUR BIOS KOMPUTER

  Setelah anda membaca  artikel ini ISI ABSEN DAN QUIZ Ya.. 

MENGATUR BIOS KOMPUTER


Kamu perlu mensetting BIOS atau UEFI saat ingin install ulang windows/linux/Mac untuk merubah urutan booting agar kamu bisa booting apakah mengunakan DVD/Flasdisk dll

Apa itu BIOS dan UEFI?
BIOS (Basic Input/Output System) adalah sebuah program yang ditanam dalam sebuah chip ROM sebuah mainbord, yang bekerja independen tanpa harus meload program dari disk.
tugas dari BIOS adalah mengecek seluruh perangkat keras komponen komputer yang terpasang sebelum meload sistem operasi dari drive.
Mudah nya gini, jadi sebelum komputermu masuk windows ,si BIOS/UEFI ini ngecek dulu semua komponen yang terpasang,apakah komponen (RAM,Drive,VGA,Processor,dll)berfungsi normal dan sudah terpasang dengan benar jika iya maka proses akan dilanjutkan dengan meload program yang berada di drive (sistem operasi)
Fungsi BIOS
BIOS firmware bertugas untuk menginisialisasi hardware pada saat booting yaitu Power On Self Test(POST) tepat saat kamu menekan tombol power komputer.
Bios akan mgecek semua module yang terpasang di komputermu mulai dari RAM,Processor,Chipset,HDD,VGA,Mouse,Keyboard,Monitor apakah sehat sebelum masuk ke sistem operasi.
Apa maksud dari Legacy BIOS?
Ketika kamu menggunakan UEFI mode pasti ada opsi boot mode, ingin pakai UEFI murni atau Legacy support.
Maksud dari fitur Legacy BIOS adalah kamu bisa tetap mengaktifkan fitur dasar dari BIOS jadul agar sistem operasi yang belum support UEFI bisa diinstall dan perangkat yang jadul bisa dibaca di UEFI.
Apa itu UEFI
UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) adalah interface yang berada diantara sistem operasi dan firmware yang menggantikan BIOS jadul dengan keuntungan dan fitur yang lebih misalanya: UEFI bisa booting Disk yang lebih dari 2TB,booting lebih aman dengan safe boot dan mendukung GPT partition table.
UEFI merupakan penyempurnaan dari BIOS yang tidak meninggalkan fungsi dasar dari BIOS, UEFI memberikan keuntungan dan fitur lebih untuk menyokong perkembangan dunia komputer saat ini.
–“UEFI sebenarnya sama saja dengan BIOS , cuman UEFI adalah versi baru dari BIOS,jadi kamu gak usa bingung”–
–“Untuk versi sistem operasi windows vista keatas (7,8,8.1,10) dan linux sudah mendukung UEFI”–
Cara Masuk Menu BIOS dan UEFI
Menu setting BIOS dan UEFI hanya bisa diakses dengan cara yang spesial dan harus dilakukan disaat yang tepat.
kamu bis amengikuti cara mudah dibawah ini untuk mengakses BIOS dan UEFI saat kamu ingin merubah boot mode,urutan booting,memilih bootloader atau ingin overclocking.
Cara Masuk UEFI BIOS
Cara mesuk ke menu BIOS ataupun UEFI berbeda -beda tertantung dari merek mainboard yang kamu pakau,tapi secara umum tombol yang sering digunakan adalah tombol Delete, F2 dan F12
Kapan Harus Tekan Tombol Agar Masuk BIOS/UEFI? 
Saat kamu tombol power di komputer, akan muncul tulisan putih dengan latar hitam /biru atau ditutup dengan logo merek mainboard.
Pada layar ini biasanya ada tulisan Press DELETE to Setup atau Press F2 to Setup atau Press F12 to enter setup  atau bisa jug ayang lain tapi intinya sama cari aja yang ada keterangan SETUP .
Jika momen ini terlewat jangan kamu restart paksa pake tombol reset /power ya entar sistem operasinya bisa rusak, kamu tungu aja sampai masuk windows dan kamu restart menggunakan menu dari sistem operasi dan tekan tombol untuk masuk menu BIOS seperti tadi
TRIK
Biasanya saya sering nyepam mencet tombol delete F2 dan F12 ketika booting kalau beruntung bisa langsung masuk tanpa harus baca menu apa yang digunakan, tapi kamu tetep harus baca ya sambil nyepam mencet tombol berulang-ulang.
Cara masuk UEFI BIOS Windows 10
Jika kamu menggunakan Windows 10 maka kamu bisa masuk ke menu uefi bios tanpa harus caritau tombol mana yang harus ditekan saat booting.
Ingat cara ini hanya bisa dilakukan jika windows mu masih berjalan normal,jika tidak maka gunakan cara pertama diatas.
Ikuti langkah dibawah ini untuk masuk ke menu uefi bios di windows 10
cara  masuk UEFI BIOS di windows 10cara masuk uefi bios windows 10
start> ketikan “recovery” tanpa tanda petik
Pilih Recovery options di seksi settings
klik tombol restart pada bagian advanced startup
Komputer akan restart dan ikuti langkah berikutnya dibawah ini
cara masuk lanjutan uefi bios windows 10cara masuk uefi bios windows 10 setelah restart
Setelahkomputer restart kamu pilih pada Troubleshoot
Pilih advanced option> UEFI Firmware Settings
Klik tombol restart untuk masuk ke menu setting UEFI tanpa mencet2 lagi.
Cara Setting BIOS dan UEFI
Apapun jenis BIOS/UEFI yang ada di komputermu secara garis besar mempunyai menu dan  fungsi yang sama, jika ada menu yang berbeda itu hanya fitur tambahan dari pengembang setiap main board.
Untuk komputer/PC/tablet dengan UEFI kamu bisa menggunakan touchpad/mouse untuk berinteraksi dengan menu UEFI,sedangkan untuk komputer/laptop lama yang belum menggunakan UEFI hanya bisa dikontrol menggunakan keyboard.
MAIN
Pada umumnya di menu ini berisi informasi waktu sistem, Drive yang terpasang pada slot SATA (bukan USB).
tetapi tidak menutup kemungkinan vendor mainboard menambah tampilan informasi di menu ini.
main menu pada biosMain Menu pada BIOS
Advanced
Berisi pengaturan untuk komponen yang terpasang,Misalnya mengubah SATA mode ke IDE jika ingin nginstall windows XP dengan drive SATA. menDisable Port yang ada di komputer dll.tinggal dibaca keterangan disamping untuk setiap menu yang disorot.
advanced menu pada BIOSAdvanced Menu Pada BIOS
Security
Nah di menun ini kamu bisa ngatur password . misalnya BIOS password digunakan untuk mengamankan settingan BIOS (setiap masuk ke menu setup BIOS akan minta password).
HDD password akan memproteksi harddisk,jadi setiap mau masuk ke sistem operasi nanti akan minta password.
menu security pada BIOSMenu Security Pada BIOS
Hati-hati ketika memberi password ke harddisk/SSD, buang password nya dulu sebellum kamu memindah drive ke komputer lain,karena drive gak bakal kebaca sebelum dilepas password nya.
BOOT Pada BIOS
Nah ketika kamu ingin nginstal sistem operasi (OS) kamu perlu mengatur urutan booting di menu ini, misal jik akamu pengin nginstal windows menggunakan flashdisk maka taruh flashdisk mu di urutan paling atas agar komputer booting dari flashdisk, begitupula kalau kamu menggunakan CD aturlah boot order CDROM di urutan pertama.
menu BOOT pada BIOSmenu Boot pada BIOS
Menu BOOT pada UEFI
Pada UEFI ,di sub ini biasanya ada tambahan menu boot mode dan firmware mode Untuk Firmware yang sudah support UEFI.
Dari sini kamu bisa memilih boot mode UEFI,CSM atau pun Legacy BIOS
Menu BOOT pada UEFITampilan Menu BOOT pada UEFI
Exit
Setelah selesai setting BIOS kamu bisa memilih menu save untuk menyimpan pengaturan mu.Untuk kamu gak yakin dengan perubahan yang kamu buat,kamu bisa mengembalikan ke default di tab menu ini.
menu Exit pada BIOSMenu Exit pada BIOS
Untuk nyimpen bisa gunakan tombol F10 (Save and Exit)
BIOS-Help-menuBIOS UEFI help menu
Untuk navigasi dan merubah value bisa dilihat dibagian bawah layar BIOS,biasanya ada keterangan tombol mana yang bisa dipakai untuk keperluan tertentu.
BIOS model sekarang biasanya sudah menggunakan UEFI sehingga kamu bisa menggunakan mouse untuk navigasi.
Fungsi Kode Beep BIOS Untuk Teknisi
Nah BIOS penting banget pas kita lagi nyervis komputer soalnya dengan BIOS kita bisa tau kalau HDD kita rusak(Biasanya tidak masuk di BIOS) atau ada yang komponen tidak terpasang dengan benar.
Bios akan berbunyi BEEP 1x yang tandanya semua komponen OK. tapi kalau bunyinya panjang melengking, perlu dicek pemasangan komponen nya . tiap bunyi BIOS menandakan informasi yang berbeda. kamu bisa melihat table arti dari bunyi BEEP BIOS
BIOS-BEEP-Error-codeARTI Kode Beep pada BIOS
Untuk table lengkap nya kamu bisa lihat di daftar lengkap kode eror BIOS
Cara Reset BIOS dan UEFI
kadang kita perlu reset bios secara paksa jika mainboard dihidupkan tidak mau booting atau diam saja. cara mudahnya adalah dengan melepas baterai yang ada di mainboard (batrai digunakan untuk menyimpan settingan BIOS dan waktu).
Pilih salah satu cara dibawah ini untuk mereset settingan BIOS / UEFI ke settingan Default.
Lepas baterai BIOS dan hubungkan kedua konektor baterai yang ada di soket dendan metal selama beberapa detik
Reset-BIOS
Gunakan Jumper yang tersedia untuk mereset bios, jumper ini biasanya tertulis CMOS /CLS/Clear. cukup hubungkan jumper ini dengan metal
clear-cmos-BIOS
Nah kadang laptop bikin repot kalau kamu lupa password BIOS / nerima service kamu bisa mereset BIOS dan menghilangkan password BIOS dengan cara  mencabut baterai dan membiarkan nya selama 2x24jam tanpa terkonek ke listrik. agar baterai cadangan nya habis.
KESIMPULAN
BIOS dan UEFI mempunyai fungsi yang sama bedanya hanya mereka di zaman yang berbeda dimana UEFI adalah versi pembaruan dari BIOS.
Untuk masuk ke BIOS atau UEFI caranya sama,yaitu dengan menekan tombol khusus yang tertera saat komputer POST booting,tombol untuk setiap merek main board biasanya berbeda.




Comments

Terima kaseh, telah berkomentar, ..semoga bermanfa'at..[^_^]
EmoticonEmoticon