Minggu, 23 Agustus 2020

PERTEMUAN 1 PEMDAS, Konsep Algoritme

 Setelah anda membaca  artikel ini ↓↓↓  ISI ABSEN DAN QUIZ Ya..





Kegiatan Belajar 1 Konsep dan Struktur Algoritma


1.1.1. Tujuan Pembelajaran

 Dengan Kegiatan Belajar ini diharapkan siswa mampu memahami konsep dan struktur algoritma dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 


1.1.2. Aktivitas Belajar Siswa

 Pernahkan kalian mendengar kata Algoritma sebelumnya? Apa itu algoritma? Untuk mengetahuinya ikuti kegiatan belajar berikut. 


1.1.2.1. Mengamati 

Coba perhatikan beberapa instruksi/langkah-langkah kerja berikut. 



1.1.2.2. Menanya

 Dari tiga contoh langkah-langkah kerja atau instruksi di atas, buat pertanyaan yang berkaitan dengan ketiganya, misalkan: 


  1. Apakah tujuan masing-masing langkah-langkah kerja? 

  2. Apakah ada tahap persiapan? 

  3. Apakah ada tahap proses? 

  4. Apakah hasil /output pada setiap langkah kerja? 

  5. Jika ketiga langkah-langkah di atas disebut algortima, lalu apa itu algoritma, bagaimana menyusun algoritma yang baik untuk menyelesaikan masalah? 

1.1.2.3. Mengumpulkan Informasi/Mencoba

Jika diperhatikan, 3 langkah kerja di atas, ada beberapa kesamaan dalam bentuk penyajian uraian di atas. Masing-masing mempunyai tujuan yang hendak dicapai, seperti menghasilkan puding mutiara, menginstall printer pada sistem operasi, dan menentukan volume suatu balok. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan persiapan-persiapan seperti alat dan bahan. Sebagai 

contoh untuk membuat puding diperlukan bahan sepert tepung, mutiara, gula, air, daun pandan dan santan sebagai bahannya dan peralatan seperti diperlukan kompor, panci untuk memasak dan cetakan puding. Demikian juga dalam menginstall printer, tentu harus printer kabel koneksi, komputer lengkap dengan sistem operasi. Untuk menentukan volume juga harus diketahui juga panjang lebar dan tinggi balok. Selanjutnya jika bahan dan alat sudah siap maka perlu adanya suatu langkah-langkah atau proses. Langkah-langkah atau proses ini tentu harus dapat dituliskan dengan jelas dan urut sehingga siapaun yang mengikuti langkah-langkah tersebut dengan benar pasti hasilnya akan sama. Inilah inti dari apa yang disebut dengan ALGORITMA. Berikut ini penjelasan secara detail mengenai apa itu algoritma dan bagimana strukturnya. 




Definisi Algoritma Dilihat dari istilahnya algoritma, berasal dari nama seorang matematikawan muslim bernama Abu Ja‟far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi (780 M-850), yang oleh orang barat menyebut AlKhuwarizm sebagai Algorism, yang diartikan proses menghitung dengan angka arab.

 Salah satu karya beliau yang monumental adalah buku berjudul Kitab 

Al Jabar Wal-Muqabala yang artinya “Buku pemugaran dan pengurangan” 

(The book of restoration and reduction), yang menjadi cikal bakal istilah “Aljabar” (Algebra) yang dipakai hingga sekarang ini. Seiring dengan perkembangan jaman isitilah „Algorism‟ berubah menjadi algorithm yang kemudian diartikan sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum. Dalam bahasa Indonesia, kata algorithm diserap menjadi algoritma. 


Menurut definisi, algoritma adalah urutan langkah-langkah penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Dalam beberapa konteks, algoritma dapat diartikan urutan langkah-langkah yang spesifik (tertentu) untuk melakukan suatu pekerjaan. Jadi algoritma tidak hanya diartikan sebatas pada perhitungan dengan komputer saja tapi dapat diartikan lebih luas dalam kehidupan sehari-hari. Resep masakan adalah contoh algoritma yang ada di kehidupan sehari-hari. Petunjuk pemasangan AC, petunjuk perakitan komputer, petunjuk installasi software, panduan pengisian token listrik, Jadwal acara kegiatan adalah berbagai bentuk algoritma yang ada di kehidupan sehari-hari. 


Struktur Algoritma Inti dari algoritma adalah menemukan solusi dari suatu permasalahan. Untuk menyelesaikan masalah, algoritma membutuhkan spesifikasi input (masukan) sesuai yang diperlukan, memprosesnya melalui serangkaian langkah-langkah dan menghasilkan output sebagai solusi dari permasalahan. 

Secara umum struktur Algoritma terdiri dari 3 bagian, yaitu:: 


  1. Nama/judul Algoritma Nama Algoritma memberikan gambaran secara singkat apa tujuan dari Algoritma, misalkan nama resep masakan, petunjuk melakukan sesuatu, jadwal kegiatan, langkah-langkah penyelesaian sebuah masalah, dan sebagainya. Pemberian nama Algoritma disarankan singkat dan jelas, namun sudah mewakili maksud dari algoritma. Dalam Algoritma komputer biasanya nama algoritma dituliskan tanpa menggunakan spasi, misalkan Algoritma VolumeBalok atau Algoritma Volume_Balok

  2. Bagian Deklarasi Bagian deklarasi merupakan tahap persiapan dari algoritma. Pada bagian ini dijelaskan kebutuhan agar algoritma dapat berjalan. Istilah lainnya di sinilah alat dan bahan didefinisikan. Dalam algoritma pemrograman, bagian deklarasi menjelaskan input (masukan) apa saja yang akan diproses oleh algoritma termasuk jenis data input (tipe data), juga output apa yang akan dihasilkan serta semua hal yang akan dipakai dalam algoritma. Yang didefiniskan dalam algoritma ini termasuk variabel, tipe data, konstanta, nama prosedur, tipe, dan fungsi, yang akan kita pelajari pada Bab 2. 

  3. Bagian Deskripsi Pada bagian ini dijelaskan serangkaian langkah-langkah (instruksi) atau pernyataan (statement) untuk memproses alat dan bahan atau inputan untuk menghasilkan output sesuai yang diharapkan. Langkah-langkah dalam algoritma dituliskan dari atas ke bawah. Urutan penulisan menentukan urutan perintah 





Sumber : http://sumberilmusijalu.blogspot.com/2017/09/buku-pemrograman-dasar-kelas-x-semester.html



Comments

Terima kaseh, telah berkomentar, ..semoga bermanfa'at..[^_^]
EmoticonEmoticon