Rabu, 23 September 2020

BERKENALAN DENGAN NodeMCU


Pada akhir-akhir ini, nama atau istilah lainnya seperti Industri 4.0 sudah marak sekali diucapkan oleh orang-orang yang berkecimpung didunia teknologi sampai seorang guru sekalipun. Namun apa sebenarnya arti dari kata tersebut?

Dikutip dari Wikipedia, Internet untuk Segala (Internet of Things merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata.

Salah satunya yang dapat merealisasikan hal tersebut adalah alat mikrokontroller bernama NodeMCU. 
NodeMCU adalah mikrokontroller yang dibuat berdasarkan chip WiFi ESP8266, jadi NodeMCU adalah  seperti arduino biasa yang dapat di flash instruksi tertentu sesuai dengan keinginan kita namun memiliki  fitur WiFi, sehingga dapat berinteraksi dengan perangkat client jaringan atau bahkan dengan internet. Menurut saya, NodeMCU sangat cocok sekali untuk anda yang ingin belajar membuat perangkat  Internet of Things dengan harga yang murah dan fitur yang lumayan baik terutama pada fitur WiFi. 

Di indonesia, harga NodeMCU relatif murah, sekitar Rp. 50.000 an. jauh  lebih murah ketimbang 
Arduino dengan tambahan fitur WiFi.Pada artikel kali ini, saya akan memberikan tutorial tentang cara pemasangan nodemcu mulai dari






Comments

Terima kaseh, telah berkomentar, ..semoga bermanfa'at..[^_^]
EmoticonEmoticon