Selasa, 25 Agustus 2020

PERTEMUAN 5 AIJ,Tipe-Tipe VLAN

 Setelah anda membaca  artikel ini ↓↓↓ ISI ABSEN DAN QUIZ Ya..  


TIPE-TIPE VLAN


Jaringan Virtual Local Area Network (VLAN) adalah suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN. VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasi menggunakan perangkat lunak administrasi sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, sedangkan sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda. Hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasikan secara virtual tanpa harus mengacu pada lokasi fisik peralatan. berikut ini merupakan tipe-tipe Virtual Local Area Network (VLAN). 



  1. Default VLAN

Default VLAN merupakan VLAN yang sudah ada ketika switch belum dikonfigurasi. Ketika pertama kali switch dinyalakan maka semua port yang ada di switch menjadi anggota default VLAN. Default VLAN dari Switch adalah VLAN 1 dimana VLAN tersebut tidak dapat diubah namanya ataupun dihapus.

  1. Data VLAN

Data VLAN adalah VLAN yang dikonfigurasi hanya untuk membawa data-data yang digunakan oleh user yang sering kali juga disebut VLAN Pengguna atau User VLAN. Data VLAN dikonfigurasi hanya untuk user dan tidak memiliki kemampuan untuk mengirim Voice-based traffic.

  1. Native VLAN

Native VLAN merupakan VLAN yang muncul ketika kita membuat port Trunking. Port Trunking merupakan port yang digunakan sebagai link atau penghubung antara switch dengan switch atau switch dengan router. Native VLAN berfungsi untuk tagged-traffic dan untagged-traffic. Native VLAN di gunakan untuk port trunking 802.1q. Port trunking 802.1q menempatkan untagged-traffic pada Native VLAN.

  1. Management VLAN

Management VLAN adalah VLAN yang dikonfigurasi untuk melakukan manajemen atau mengatur switch. Biasanya Default VLAN juga bisa digunakan sebagai Management VLAN jika kita tidak membuat VLAN khusus sebagai VLAN manajemen. kita dapat memberi IP address pada VLAN manajemen sehingga switch dapat dikelola melalui HTTP, Telnet, SNMP atau SSH.

  1. Voice VLAN 

Voice VLAN merupakan VLAN yang dapat mendukung Voice Over Internet Protocol (VoIP). VoIP merupakan teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet.


Penjelasan via Vidio




Sumber : http://banguzil.blogspot.com/2019/08/tipe-tipe-vlan.html




Comments

Terima kaseh, telah berkomentar, ..semoga bermanfa'at..[^_^]
EmoticonEmoticon