Senin, 24 Agustus 2020

PERTEMUAN 7 KOMJAR, Konsep kerja sistem operasi (OS)

Setelah anda membaca  artikel ini ISI ABSEN DAN QUIZ Ya.

            Sistem Operasi atau disingkat dengan OS adalah nyawa bagi komputer atau pun HP atau alat-alat elektronik yang membutuhkan pemrosesan, pada pertemuan 7 ini akan dibagi 2 sub pembahasan 1. macam-macam sistem operasi komputer secara umum 2. Konsep kerja sistem operasi (OS)


  1. Macam-macam Sistem Operasi (OS)

  1. Windows / Microsoft DOS (Disk Operating System)

  1.  Linux 

  1. Macintosh (Mac OSX) 

  1. Unix 


  1. Konsep kerja Sistem Operasi 

Untuk lebih jelas mengenai cara kerja dari sistem operasi dalam suatu komputer, tidak bisa hanya dengan mengetahui nama perangkat yang berperan dan terkait didalamnya. Namun kita juga harus mengetahui fungsi dan hubungannya dengan perangkat yang lain misalnya perangkat keras dan perangkat lunak, serta kapasitasnya untuk menyimpan data. 
Selain dari hardware, sistem operasi juga mencakup mengenai software (perangkat lunak). Misalnya layanan sistem umum, layanan pustaka, API (antarmuka pemrograman aplikasi) yang dipakai untuk membuat dan mengembangkan program yang berjalan pada sistem operasi.


  1. Melakukan manajemen proses

Operating system akan menjadwalkan stiap prosenya, misalnya membuat file, sinkronisasi antar file, menghapus file, komunikasi antar file dan lainnya. Operating system juga bisa melakukan penundaan proses, menghentikan proses dengan cara paksa, atau melanjutkan proses.

  1. Manajemen pada memori utama

Operating system harus mempu mengatur dan mengalokasikan jumlah dari memori yang dibutuhkan oleh perangkat, serta alamat/lokasi dari memori yang dibutuhkan untuk menampung proses. Apabila suatu OS tida bisa melakukan hal tersebut, maka akan terjadi proses tumpang tindih sehingga perangkat akan error atau hang dikarenakan memori tidak akan cukup untuk menampung banyaknya beban proses.

  1. Manajemen file

Dala manajemen file, ada 4 bagian terpenting, yaitu: menulis file (tulis data, salin, atau temple data), menyimpan file, membuka file dan menghapus file.

  1. Manajemen pada sistem input and output

Operating system harus mampu melakukan pengelolaan suatu input (memasukkan data) dan output (mengeluarkan data). Data input merupakan data yang diberikan oleh user baik melalui mouse, keyboard, atau perang lainnya. Sedangkan data output, misalnya penampungan data atau buffering, penjadwalan data atau scheduling, meletakkan pekerjaan pada buffer atau spooling serta mengaloksikan driver ke hardware yang terhubung ke perangkat CPU.

  1. Manajemen pada penyimpanan sekunder

Penyimpanan sekunder berhubungan dengan media penyimpanan sekunder (berbeda dengan media utama) misalnya harddisk, DVD, SSD, USB flashdisk, dan lain-lain. Umumnya file/data yang dibuat akan disimpan oleh aplikasi komputer pada penyimpanan media sekunder.








Sumber : https://www.nesabamedia.com/cara-kerja-sistem-operasi/  

             https://idcloudhost.com/mengenal-tentang-macam-macam-os-operating-system/



Comments

Terima kaseh, telah berkomentar, ..semoga bermanfa'at..[^_^]
EmoticonEmoticon