Selasa, 22 September 2020

BERKENALAN DENGAN ARDUINO

 


Arduino adalah kit elektronik atau papan rangkaian elektronik open source yang di dalamnya terdapat komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler dengan jenis AVR dari perusahaan Atmel.

 

Mikrokontroler itu sendiri adalah chip atau IC (integrated circuit) yang bisa diprogram menggunakan komputer. Tujuan menanamkan program pada mikrokontroler adalah agar rangkaian elektronik dapat membaca input, memproses input tersebut dan kemudian menghasilkan output sesuai yang diinginkan. Jadi mikrokontroler bertugas sebagai ‘otak’ yang mengendalikan input, proses dan output sebuah rangkaian elektronik.

 

Mikrokontroler ada pada perangkat elektronik di sekeliling kita. Misalnya handphone, MP3 player, DVD, televisi, AC, dll. Mikrokontroler juga dipakai untuk keperluan mengendalikan robot. Baik robot mainan, maupun robot industri.
Karena komponen utama Arduino adalah mikrokontroler, maka Arduino pun dapat diprogram menggunakan komputer sesuai kebutuhan kita.

 

Apa saja yang bisa dilakukan Arduino?
Kegunaan Arduino tergantung kepada kita yang membuat program. Arduino bisa digunakan untuk mengontrol LED, bisa juga digunakan untuk mengontrol helikopter. 
Pengertian dan Kelebihan Arduino

Contoh yang sudah pernah dibuat adalah MP3 player, pengontrol motor, mesin CNC, monitor kelembaban tanah, pengukur jarak, penggerak servo, balon udara, pengontrol suhu, monitor energi, statiun cuaca, pembaca RFID, drum elektronik, GPS logger, monitoring bensin dan masih banyak lagi. Silahkan buka Google, Youtube atau lihat di http://www.freeduino.org




Berkenalan dengan Hardware Arduino



  • Power USB Board Arduino dapat didukung dengan menggunakan kabel USB dari komputer Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah menghubungkan kabel USB ke koneksi USB (1).

  • Power (Barrel Jack) Board Arduino dapat didukung langsung dari listrik AC power supply dengan menghubungkannya ke Barrel Jack (2).

  • Voltage Regulator Fungsi regulator tegangan untuk mengontrol tegangan diberikan ke papan Arduino dan menstabilkan tegangan DC yang digunakan oleh prosesor dan elemen lainnya.

  • Crystal Oscillator Osilator kristal membantu Arduino dalam menangani masalah waktu. Bagaimana Arduino menghitung waktu? Jawabannya adalah, dengan menggunakan osilator kristal. Jumlah dicetak di atas kristal Arduino adalah 16.000H9H. Ini memberitahu kita bahwa frekuensi 16.000.000 Hertz atau 16 MHz.

  • Arduino Reset Anda dapat mengatur ulang board Arduino Anda, yaitu, memulai program Anda dari awal. Anda dapat mengatur ulang board UNO dalam dua cara. Pertama, dengan menggunakan tombol reset (17) di papan. Kedua, Anda dapat menghubungkan tombol reset eksternal ke Arduino pin berlabel RESET (5).

  • 6, 7, 8, 9. Pins (3.3, 5, GND, Vin)

  • 3.3V (6) – Pasokan 3,3 Output volt

  • 5V (7) – Pasokan 5 Output volt

  • Sebagian besar komponen yang digunakan dengan papan Arduino bekerja dengan baik dengan 3,3 volt dan 5 volt.

  • GND (8) (Ground) – Ada beberapa pin GND pada Arduino, apapun yang dapat digunakan untuk ground sirkuit Anda.

  • Vin (9) – pin ini juga dapat digunakan untuk daya board Arduino dari sumber daya eksternal, seperti power supply AC.

  • Main microcontroller Setiap board Arduino adalah mikrokontroler sendiri (11). Anda dapat menganggap itu sebagai otak dari board Anda. IC utama (integrated circuit) pada Arduino sedikit berbeda dari board ke board. Mikrokontroler biasanya Perusahaan ATMEL. Anda harus tahu apa IC papan adalah sebelum loading sebuah program baru dari Arduino IDE. Informasi ini tersedia di bagian atas IC. Untuk rincian lebih lanjut tentang pembangunan IC dan fungsi, Anda dapat merujuk pada lembar data.

  • ICSP pin Sebagian besar, ICSP (12) adalah AVR, header pemrograman kecil untuk Arduino terdiri dari mosi, miso, SCK, RESET, VCC, dan GND. Hal ini sering disebut sebagai SPI (Serial Peripheral Interface), yang dapat dianggap sebagai “perluasan” dari output. Sebenarnya, Anda bekerja keras perangkat output ke master dari bus SPI.

  • Power LED indicator LED ini harus menyala ketika Anda pasang Arduino Anda ke sumber listrik untuk menunjukkan bahwa forum Anda diaktifkan dengan benar. Jika lampu ini tidak menyala, maka ada sesuatu yang salah dengan koneksi.

  • TX and RX LEDs Di forum Anda, Anda akan menemukan dua label: TX (transmit) dan RX (menerima). Mereka muncul di dua tempat pada board Arduino UNO. Pertama, pada pin digital 0 dan 1, untuk menunjukkan pin bertanggung jawab untuk komunikasi serial. Kedua, TX dan RX dipimpin (13). TX dipimpin berkedip dengan kecepatan yang berbeda saat mengirim data serial. Kecepatan berkedip tergantung pada baud rate yang digunakan oleh dewan. berkedip RX selama proses penerimaan.

  • Digital I/O Board Arduino UNO adalah 14 digital I / O pin (15) (dimana 6 memberikan PWM (Pulse Width Modulation) output. Pin ini dapat dikonfigurasi untuk bekerja sebagai input pin digital untuk membaca nilai logika (0 atau 1) atau sebagai digital output pin untuk drive modul yang berbeda seperti LED, relay, dll pin berlabel “~” dapat digunakan untuk menghasilkan PWM.

  • AREF AREF singkatan Analog Referensi. Kadang-kadang, digunakan untuk mengatur tegangan referensi eksternal (antara 0 dan 5 Volt) sebagai batas atas untuk pin input analog.


  

Jenis mikrokontroller yang digunakan, dimensi, jumlah pin, dan tipe USB yang digunakan dibedakan berdasarkan tipe board Arduino itu sendiri. Detail tipe Arduino bisa dilihat di website https://www.arduino.cc/en/Main/Products. Selain itu, ada berbagai aksesoris/ module tambahan yang dapat dipasangkan dengan Arduino sebagai tambahan peripheral, seperti shield LCD, EthernetBluetooth, dll. Module tersebut dibuat ada yang disediakan langsung oleh Arduino maupun dari produsen lain dan dibuat sehingga kompatibel dengan Arduino, baik pemprogramannya (disediakan library) maupun pemasangannya.

Untuk dapat memprogram Arduino, terdapat sebuah software bernama Arduino IDE. Arduino IDE berisi halaman tempat kita membuat program (biasa disebut sketch) kemudian upload ke Arduino melalui USB port yang terhubung dengan PC, dimana pada mikrokontrollernya telah ditanamkan bootloader sehingga memprogramnya cukup dengan komunikasi serial USB.

Baru-baru ini telah dikembangkan software baru bernama Arduino Web Editor, dimana menggunakan web browser (firefox, chrome, dll) yang membuka website https://create.arduino.cc/editor sebagai editor program, kemudian menginstall plug-in bernama Arduino Create Agent untuk menghubungkan browser dengan USB port Arduino.

Arduino sebagai platform mikrokontroller memang mudah dan menarik untuk dipelajari, karena kita tidak terlibat langsung dengan pengaturan register-register yang biasanya terdapat pada mikrokontroller, sehingga cocok digunakan untuk pemula serta kebutuhan yang instant. Namun, bagi yang benar-benar berminat menekuni dunia mikrokontroller Arduino kurang cocok dijadikan alat pembelajaran, karena tidak mewakili konsep mikrokontroller secara mendalam.

Pada materi selanjutnya akan membahas tentang bagaimana memprogram Arduino menggunakan Arduino IDE.









Sumber : https://www.it-jurnal.com/pengertian-dan-kelebihan-arduino    http://jagootomasi.com/apakah-itu-arduino/


Comments

Terima kaseh, telah berkomentar, ..semoga bermanfa'at..[^_^]
EmoticonEmoticon