Rabu, 09 September 2020

PERTEMUAN 9 TLJ, Layer OSI

 

Setelah anda membaca  artikel ini ↓↓↓  ISI ABSEN + QUIZ Ya..


Open Systems Interconnect (OSI) Layer adalah standar komunikasi yang diterapkan di dalam jaringan komputer. Standar yang menyebabkan seluruh alat komunikasi dapat saling berkomunikasi melalui jaringan. Model referensi OSI menggambarkan bagaimana informasi dari suatu software aplikasi di sebuah komputer berpindah melewati sebuah media jaringan ke suatu software aplikasi di komputer lain.

 

Model referensi OSI secara konseptual terbagi ke dalam 7 lapisan dimana masing-masing lapisan memiliki fungsi jaringan yang spesifik. Model Open Systems Interconnection (OSI) diciptakan oleh International Organization for Standardization (ISO) yang menyediakan kerangka logika terstruktur bagaimana proses komunikasi data melalui jaringan. Standar yang dikembangkan untuk industri komputer agar komputer dapat berkomunikasi pada jaringan yang berbeda secara efisien.

 

7 Model Lapisan OSI

Setiap lapisan bertanggungjawab secara khusus pada proses komunikasi data. Misalnya, satu lapisan bertanggung jawab untuk membentuk koneksi antar perangkat, sementara lapisan lainnya bertanggungjawab untuk mengoreksi kejadian "kesalahan" selama proses transfer data berlangsung.

Model OSI

Model OSI

Lapisan Model OSI dibagi dalam dua kelompok: “ lapisan atas ” dan “ lapisan bawah ”. Fokus pada “Upper layer” pada aplikasi pengguna dan bagaimana file direpresentasikan di komputer. Untuk Network Engineer, bagian utama yang menjadi perhatiannya adalah pada “lapisan bawah”. Lapisan bawah adalah data komunikasi intisari melalui jaringan aktual.

Tujuan utama penggunaan model OSI adalah untuk membantu memahami jaringan memahami fungsi dari tiap-tiap lapisan yang berhubungan dengan aliran komunikasi data. Termasuk jenis-jenis protokol jaringan dan metode transmisi.

Fungsi 7 Layer Model OSI

 

1. LAPISAN APLIKASI | Layer 7 (Antarmuka Pengguna)

Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan

Protokol yang berada dalam lapisan ini:

- Protokol HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
yang digunakan untuk mentransfer dokumen dan web dalam sebuah browser web, melalui www. HTTP juga protokol yang meminta dan menjawab antar klien dan server.

- FTP (File Transfer Protokol)
Protokol internet yang berjalam dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk mentransfer file komputer antar mesin-mesin dalam sebuat jaringan internet.

- NFS (Network File system)
Jaringan protokol yang memungkinkan pengguna di klien komputer untuk mengakses file melalui jaringan dengan cara yang sama dengan orang yang mengakses lokal yang diaksesnya.

- DNS (Domain Name System)
Protokol yang digunakkan untuk memberikan suatu nama domain pada sebuah alamat IP agar lebih mudah diingat.

- Protokol POP3 (Post Office Protocol)
yang digunakan untuk mengambil surat dari suatu agen transfer surat yang akhirnya surat tersebut akan masuk kedalam jaringan lokal.

- MIME (Multipurpose Internet Mail Exension)
Protokol yang digunakan untuk mengirim file biner dalam bentuk teks.

- SMB (Server Messange Block)
Protokol yang digunakan untuk mentransfer file server-server ke DOS dan Windows.

- Layanan DHCP (Dynamic Configuration Protocol)
yang tidak memberikan IP kepada komputer yang meminta-nya secara otomatis.

 

2. LAPISAN PRESENTASI | Lapisan 6 (Bagaimana data disajikan)

Berfungsi untuk mentranslasikan data yang dapat ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.

Protokol yang berada dalam tingkat ini:

-
Protokol TELNET yang digunakan untuk akses remote masuk ke suatu host, data dijalankan secara lain.

- SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
Salah satu protokol yang biasa digunakan dalam pengiriman e-mail di internet atau untuk mengirimkan data dari komputer pengirim e-mail ke server penerima e-mail.

- Protokol SNMP (Simple Network Management Protocol)
yang digunakan dalam suatu manajemen jaringan.

 

3. LAPISAN SESI | Layer 5 (Memisahkan data dari aplikasi yang berbeda)

Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Selain itu, di level ini juga dilakukan resolusi nama.

Protokol yang berada dalam lapisan ini:

- NETBIOS
Berfungsi sebagai penyiaran pesan maksudnya memungkinkan pengguna mengirim pesan tunggal secara serempak ke komputer lain yang terkoneksi.

- NETBEUI (NETBIOS Extended User Interface)
Berfungsi sama dengan NETBIOS hanya sedikit di kembangkan lagi dengan menambahkan fungsi yang memungkinkan bekerja dengan beragam perangkat keras dan perangkat lunak.

- ADSP (AppleTalk Data Stream Protocol)
Berfungsi protokol pada aliran data diantara dua komputer dan untuk memeriksa aliran data tersebut tidak terputus.

- PAP (Printer Access Protocol)
Printer Berfungsi Postscript untuk akses pada jaringan AppleTalk dan untuk mengendalikan bagaimana pola komunikasi antar node.

- SPDU (Session Protokol Data unit)
Berfungsi mendukung hubungan antara dua sesi pengguna layanan.

 

4. LAPISAN TRANSPORTASI | Lapisan 4 (Pengiriman andal atau tidak andal)

Berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data dan memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Selain itu, pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses (pengakuan), dan mentransmisikan ulang terhadp paket-paket yang hilang di tengah jalan.

Protokol yang berada dalam lapisan ini:

- TCP (Trasmission Control Protocol)
Protokol yang menyediakan layanan penuh lapisan transport untuk aplikasi.

- UDP (User Datagram Protocol)
Protokol connectionless dan proses-to-procces yang hanya menambahkan alamat port, cheksum error control dan panjang informasi data pada layer di atasnya.

 

5. LAPISAN JARINGAN | Lapisan 3 (Pengalamatan logis, Perutean)

Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3.

Protokol yang berada dalam lapisan ini:

- IP (Internetworking Protocol)
mekanisme transmisi yang digunakan untuk menstransportasikan data di dalam paket yang disebut datagram.

- ARP (Address Resulotion Protocol)
Protokol yang digunakan untuk melihat alamat IP berdasarkan alamat fisik dari sebuah komputer.

- RARP (Reverse Address Resulotion Protocol)
Protokol yang digunakan untuk melihat alamat fisik melalui IP komputer.

- ICMP (Internet Control Message Protocol)
mekanisme yang digunakan oleh sejumlah host untuk mengirim notifikasi datagram yang mengalami masalah pada hostnya.

- IGMP (Internet Group Message Protocol)
Protokol yang digunakan untuk memberi fasilitas pesan yang simultan kepada kelompok penerima.

 

6. LAPISAN DATA-LINK | Lapisan 2 (MAC, deteksi kesalahan)

Berfungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada level ini terjadi kesalahan kesalahan, kontrol aliran, pengalamatan perangkat keras (seperti Media Access Control Address (MAC Address)), dan menetukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater, dan switch layer 2 beroperasi. Spesifikasi IEEE 802, membagi level ini menjadi dua level anak, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC) dan lapisan Media Access Control (MAC) .Protokol yang berada dalam lapisan ini:

- Protokol PPP (Point to Point Protocol)
yang digunakan untuk point to point pada suatu jaringan.

- Protokol SLIP (Serial Line Internet Protocol)
yang digunakan untuk menyambung serial.

 

7. LAPISAN FISIK | Lapisan 1 (Perangkat)

Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, rehabilitasi bit, arsitektur jaringan (seperti Ethernet atau Token Ring), topologi jaringan dan pengabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat diandalkan dengan media kabel atau radio.

Protokol yang berada dalam lapisan ini:

Tidak mempunyai protokol yan spesifik lapisan ini, bertanggung jawab atas proses data menjadi bit dan mentransfernya melalui media, seperti kabel, dan menjaga koneksi fisik antar sistem, pada layer ini hanya mengirimkan bit data.





sumber : https://informatikalogi.com/open-systems-interconnect-osi-layer/

Comments

Terima kaseh, telah berkomentar, ..semoga bermanfa'at..[^_^]
EmoticonEmoticon