Senin, 05 Oktober 2020

PERTEMUAN 11 KOMJAR,Partisi Hard Disk

 

Saat kamu menggunakan komputer, baik itu laptop atau desktop pasti kenal dengan label "Local disk (C:)", "Local disk (D:)", "Local disk (E:)", dan seterusnya. Itu semua adalah partisi pada hard disk. Seperti yang kamu tahu, hard disk adalah salah satu perangkat yang menyimpan semua data/file dalam sistem komputer. Partisi hard disk merupakan mekanisme pembagian beberapa kapasitas hard disk untuk tujuan tertentu.

Setelah anda membaca  artikel ini ISI ABSEN DAN QUIZ Ya.


Jenis partisi hard disk

Primary

Merupakan jenis partisi standar dalam hard disk. Jenis partisi ini paling banyak digunakan terutama oleh sistem operasi. Sistem komputer modern mengharuskan lokasi boot berada pada partisi primer. Selain sistem operasi, jenis partisi ini juga dapat digunakan untuk menyimpan data pengguna.

Extended

Berbeda dengan partisi primer, jenis partisi ini justru tidak bisa untuk menyimpan data. Jumlah maksimal partisi ini hanya satu dalam sebuah hard disk. Lalu, bagaimana cara menggunakan jenis partisi ini ? kamu bisa memecah jenis partisi ini menjadi banyak partisi logical.

Logical

Jenis partisi ini merupakan bagian dari partisi extended. Untuk membuat partisi ini, kamu terlebih dahulu harus membuat partisi extended kemudian membaginya dalam beberapa partisi. Secara fungsional, partisi ini tidak jauh berbeda dengan partisi primer.
Berikut ini cara melihat jenis partisi hard disk dalam komputer
  • Tekan tombol Win+R untuk membuka kotak dialog Run
  • Ketik diskmgmt.msc
  • Klik tombol OK atau Enter
  • Dalam jendela Disk Management akan terlihat daftar partisi, jenis partisi, kapasitas, file system yang digunakan, hingga susunan partisi.
Yuk, Pahami Dasar Partisi Pada Hard disk








Comments

Terima kaseh, telah berkomentar, ..semoga bermanfa'at..[^_^]
EmoticonEmoticon